SRI YANI
WIDYANINGSIH, M.Pd
GURU MAN
TEMANGGUNG
Seorang guru kreatifitas tinggi, maka tinggi pula semangatnya
dalam mengajar. Setiap pembelajaran di kelas
akan menjadikan pembelajaran lebih menarik jika komponen belajar telah
terpenuhi dengan baik, salah satunya penggunaan media pembelajaran. Media
pembelajaran yang tepat menjadikan guru dalam menyampaikan materi lebih tajam. Peran guru dalam pembelajaran, sebagai fasilisator
memunculkan aktivitas belajar yang tinggi, tinggi pula prestasi belajar siswa. Terbayang
kegembiraan siswa ketika guru masuk kelas dengan membawa tas yang berisi media pembelajaran dan siswa
bertanya, model pembelajaran baru ibu? Ibu membawa apa? Mari saya bawakan! Keesokan
harinya pada materi yang berbeda akan tampil dengan media yang berbeda juga. Semakin
sering berinovatif dalam mengajar siswa semakin tertantang belajar. Apakah kita termasuk sebagai guru yang sangat disenangi
oleh siswanya dan selalu ditunggu-tunggu kehadirannya? Kemampuan mengajar dengan
menggunakan metode yang sangat variatif dan tidak monoton itulah syaratnya.
Madrasah Aliyah mempunyai input siswa dengan kemampuan
intelektual yang sangat heterogen. Kurangnya minat belajar dan membaca adalah
hal yang menjadikan kendala dalam pemahaman konsep. Prinsip pelaksanaan
kurikulum antara lain: siswa harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang
bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara
bebas, dinamis dan menyenangkan, (Permendiknas: 2006). Pembelajaran
kimia membutuhkan perhatian dan partisipasi intelektual secara optimal. Materi
kimia banyak membahas hal abstrak, dan
tidak hanya sekedar memecahkan soal yang terdiri dari angka-angka (soal
numerik), tetapi deskripsi seperti fakta kimia, aturan-aturan kimia,
peristilahan kimia, juga merupakan bagian yang penting dalam mempelajari kimia.
Keterbatasan waktu dan kurangnya guru kimia menemukan ide-ide dalam
mengaplikasikan mengubah abstrak abstrak menjadi nyata sehingga membuat jelas
materi yang dipelajari melalui media pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran
ikatan kimia belum tercapai maksimal.
Media pembelajaran mampu menjadikan acuan untuk menghubungkan materi sebelumnya
dengan materi yang akan dipelajari. Dalam proses belajar mengajar,
media yang digunakan untuk memperlancar komunikasi belajar disebut sebagai
media pengajaran.
Agar
proses pembelajaran terjadi secara menyeluruh, maka pendidik diharapkan lebih
kreatif untuk menciptakan dan menggunakan media pembelajaran dengan melibatkan
peserta didik untuk aktif menggunakannya secara bersama-sama. Karena dengan sifat unik dari setiap siswa,
adanya lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan kurikulum dan materi
pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, dengan menggunakan media, maka
kesulitan tersebut dapat diatasi. Pembelajaran
yang kreatif, adalah pembelajaran yang membuat siswa bahagia. Mengapa? Karena
selalu mengharapkan metode yang baru setiap proses pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar